PUSTAKA > Petunjuk
kembali ke List Petunjuk
 

  

   Link    PDF   


    Buku Petunjuk Pengisian Kartu Menuju Sehat Anak Taman Kanak-Kanak dan Rhaudatul Atfal
Kategori : Petunjuk
Lokasi : Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113
Pengarang :
Tahun Terbit : Th. 2006
Penerbit : Jakarta, Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah Pusat, 2006,
Klasifikasi : 613 PUS k
Kata Kunci : petunjuk, KMS Kartu Menuju Sehat, TK, promosi kesehatan, UKS
Abstrak :

Pemantauan tumbuh kembang anak melalui pengukuran tinggi badan merupakan bagian penting dari program UKS, yang dilaksanakan sejak di Taman Kanak-kanak dan Rhaudatul Atfal. Gizi buruk pada anak-anak, khususnya anak di bawah usia lima tahun (balita), sampai saat ini masih merupakan masalah yang memprihatinkan. Penyebab gizi buruk sangat kompleks, oleh karena itu diperlukan berbagai upaya kerjasama yang komprehensif dari semua pihak, tidak hanya dilakukan oleh tenaga medis namun juga guru. Dasar pelaksanaan program UKS yaitu pendidikan dan pelayanan kesehatanterhadap siswa sejak Taman Kanak-kanak atau Rhaudatul Atfal hingga SMA, SMK, Madrasah Aliyah yang diwujudkan salah satunya melalui penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan.
       
Mengingat dampak jangka pendek gizi buruk terhadap perkembangan anak seperti apatis, gangguan bicara dan dampak jangka panjang gizi buruk terhadap penurunan skor tes IQ, penurunan perkembangan kognitif, penurunan integrasi sensori, gangguan pemusatan perhatian, gangguan penurunan rasa percaya diri dan penurunan prestasi akademik di sekolah, maka data rekaman rutin Kartu Menuju Sehat (KMS) setiap enam bulan adalah mutlak diperlukan sebagai sarana pemantauan tumbuh kembang dan deteksi dini gizi kurang maupun gizi lebih.
       
Buku petunjuk pengisian KMS yang didalamnya termasuk pemantauan perkembangan kesehatan siswa dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan pedoman teknis bagi petugas dan guru dalam rangka menyempurnakan program UKS di sekolah dan madrasah, serta dapat dimanfaatkan secara maksimal dukung peningkatan status kesehatan siswa.

Daftar Isi:

Kata Pengantar
Daftar Isi

I.    Pendahuluan

II.    Apakah Arti KMS Anak Sekolah

III.    Apakah Tujuan Penggunaan KMS Bagi Anak

IV.    Bagaimana Cara mengisi dan mencatat di KMS
A.    Petunjuk Umum
B.    Untuk Mengisi KMS
C.    Penjelasan Cara Pengisian

V.    Cara Mengukur TB dan menimbang BB
A.    Pengukuran Tinggi Badan
B.    Menimbang Berat Badan

VI.    Catatan Perkembangan Kesehatan Anak

Penutup

Kepustakaan

Lampiran
1.    Kartu Menuju Sehat Anak Laki-Laki
2.    Kartu Menuju Sehat Anak Perempuan

 
   
 
uploaded : 09-04-2010